Rabu, 05 Desember 2012

(Tugas Membuat Jurnal) BAB III

BAB III
METOTODOLOGI PENELITIAN

1. Rancangan Penelitian
Dalam memperoleh gambaran penelitian mengenai potensi industri kecil dan permasalahan yang dihadapi perusahaan digunakan metode survey.dan penelitian studi deskriptif (descriptive study) tujuan studi ini untuk menjelaskan aspek-aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati dan menawarkan ide masalah untuk pengujian atau penelitian selanjutnya, ( Nur indriantoro, 1999: 88). (Singarimbun 1989:3 dalam Moeljadi 1998 : 82) “penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data yang pokok”


2.  Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Malang. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pertimbangan bahwa Kabupaten Malang terdapat peluang untuk pengembangan usaha, sehingga perlu adanya pengkajian pengembangan potensi usaha kecil.

3.  Populasi dan Sampel
    a. Penentuan Populasi
    Penelitian dilakukan pada perusahaan bidang usaha aneka dan tekstil yang terdaftar pada dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Malang, 2003.  Jumlah industri aneka  32 dan Industri  tekstil 48 perusahaan, home industri yang tidak terdaftar pada Dipperindag Malang  10 perusahaan, sehingga  jumlah populasi  90 perusahaan, responden  pimpinan  atau pengelola perusahaan,  dan konsultan  sebagai bahan informasi tentang kondisi industri kecil yang riil.
b. Metode  Pengambilan Sampel
        Karena   penelitian ini survey , adalah penelitian yang mengambil sample dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang  pokok (Singarimbun, 198 ) ,maka dalam penelitian ini tidak dilakukan pengambilan sampel lebih dahulu dari populasi yang ada, akan tetapi yang dijadikan sampel adalah responden yang bersedia menjawab kuisioner.
c.  Teknik Pengumpulan Data
     Dalam penelitian ini terdapat dua data yaitu data pendukung (Usia, tingkat pendidikan pimpinan/pengelola, masa kerja,  bidang usaha,  jumlah tenaga kerja, dan pengalaman yang dimiliki, keunggulan kompetitif). Dan data utama  meliputi aspek  permodalan, produksi, pemasaran, kewirausahaan, dan pembukuan)

4. Teknik Analisis  Data.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif, maka teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Tahapan dalam analisis data sebagai berikut :
a. Tabulasi Data ,  hasil kuisioner tersebut akan terjelma dalam angka, tabel-tabel  dari jawaban responden ke masing-masing aspek  yang ada pada industri kecil.
b. Reduksi Data, merupakan suatu bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, memperhalus data yang tidak perlu dan mengorganisasi data dengan cara sedemikian rupa hingga finalnya menyakinkan untuk dapat ditarik kesimpulan.
c. Analisis Deskriptif, analisis ini digunakan untuk mengungkap gambaran data lapang secara deskriptif dengan cara menginterpretasikan hasil pengolahan lewat tabulasi data  dan analisis kekuatan, kelemahan,   peluang   dan    ancaman
      (S W O T). Analisis diskriptif tersebut berguna untuk mendukung interpretasi terhadap hasil analisis yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar