Minggu, 03 Februari 2013

JURNAL PERILAKU KONSUMEN

Nama Penulis : Chistian Andika (11210576 / 3EA10)

Judul Penelitian :
PENGARUH SIKAP TERHADAP MEREK DAN SIKAP TERHADAP IKLAN PADA MINAT BELI KONSUMEN

Sumber Jurnal :
http://library.um.ac.idfree-contentssavedocpub.phptor.doc

Masalah / Tema / Topik
1. Apakah ada pengaruh sikap terhadap merek dan pengaruh sikap terhadap iklan pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy pada masyarakat di kecamatan Wonosari , Klaten secara parsial ?
2. Apakah ada pengaruh sikap terhadap iklan pengaruh dan sikap terhadap merek pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy pada masyarakat di kecamatan Wonosari , Klaten secara serempak ?
3. Manakah faktor yang lebih dominan pengaruhnya pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy pada masyarakat di kecamatan Wonosari , Klaten?

Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh sikap terhadap merek dan sikap terhadap iklan pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy masyarakat kecamatan Wonosari secara parsial.
2. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy masyarakat kecamatan Wonosari secara serempak.

Teori-teori yang digunakan
- Perdagangan Tidak Sinkron
- Koreksi Terhadap Bias
- Faktor-faktor yang mempengaruhi beta saham

Hipotesis
1. Diduga ada pengaruh sikap terhadap merk dan sikap terhadap iklan pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di kecamatan Wonosari, kabupaten Klaten secara parsial.
2. Diduga ada pengaruh sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di kecamatan Wonosari, kabupaten Klaten secara serempak.
3. Diduga Sikap Terhadap Iklan mempunyai pengaruh lebih besar pada minat beli konsumen pada produk sabun Lifebuoy di kecamatan Wonosari, kabupaten Klaten.

Metode-metode Penelitian

Subjek dan Objek
Subyek dan obyek penelitian ini adalah masyarakat di kecamatan wonosari, kabupaten klaten. yang pernah melihat dan mengetahui paparan (exposure) iklan televisi dari produk sabun merek Lifebuoy.

Jenis Data
Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari responden dan data sekunder dari BPS tentang data penduduk di kecamatan Wonosari, kabupaten Klaten.

Tehnik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Mengingat jenis data yang akan dianalisis kuantitatif, kuesioner menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan yaitu mulai sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, sangat tidak setuju.

Uji Instrument Penelitian
a. Uji Validitas
Uji validitas digunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya penelitian. Uji validitas menggunakan analisis korelasi pearson, keputusan mengetahui valid tidaknya butir instrumen. Jika pada tingkat signifikan 5% nilai r hitung > r variabel maka dapat disimpulkan bahwa butir instrumen tersebut valid.
b. Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas untuk mengetahui apakah instrumen memiliki indeks kepercayaan yang baik jika diujikan berulang. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbach, untuk mengetahui tingkat reliabilitas instrumen dari keempat variabel penelitian jika dari hasil uji reliabilitas instrumen dari keempat variabel penelitian jika dari hasil uji reliabilitas memberikan nilai alpha > 0,6 (Gozali, 2001).

Analisis/hasil-hasil
a.Uji Validitas
Uji validitas dalam hal ini bertujuan untuk menguji tingkat ketepatan instrumen dalam mengukur variabel merk, iklan dan minat beli. Perhitungan uji validitas instrumen menggunakan analisis korelasi pearson dengan bantuan computer program SPSS. Keputusan mengenai butir item yang dinyatakan valid dengan membandingkan nilai r hitung dengan nilai r tabel, jika r hitung > r tabel maka butir item dinyatakan valid.Berdasarkan hasil uji validitas instrument dari ketiga variabel yaitu merk, iklan dan minat beli seperti pada tabel diatas menunjukkan bahwa dari seluruh butir semuanya valid, karena nilai r hitung (korelasi) lebih besar dari r tabel.
b. Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas instrument bertujuan untuk mengetahui besarnya indeks kepercayaan instrument dari variabel merk, iklan dan minat beli. Setelah dilakukan uji validitas dan diperoleh butir pernyataan yang valid,selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Keputusan untuk mengetahui bahwa instrument adalah reliable jika nilai r Alpha > 0,6.Dari hasil uji reliabilitas instrument menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu merk, iklan dan minat beli adalah reliabel karena nilai r Alpha > 0,6.

Kesimpulan dan Keterbatatasan
Kesimpulan
1. Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap merk berpengaruhpada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten sehingga hipotesis pertama diterima.
2. Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap iklan berpengaruh pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten sehingga hipotesis kedua diterima.
3. Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap merk dan Sikap terhadap iklan secara bersama-sama berpengaruh pada minat beli konsumen pada produk sabun Lifebuoy di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten sehingga hipotesis ketiga diterima.
4. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,732 atau sebesar 73,2%. Artinya bahwa 73,2% variasi variabel dependen yaitu minat beli dapat di jelaskan oleh variabel independen yaitu merk dan iklan sedangkan sisanya 26,8% di jelaskan oleh variabel-variabel lain yang diluar model.

Keterbatasan
1. Penelitian ini hanya terbatas pada sikap terhadap merk dan sikap terhadap iklan saja, sedangkan masih banyak hal yang dipengaruhi minat beli, misalnya harga, kualitas produk dan lainnya.
2. Penelitian ini tidak sesuai dengan teori karena masih ada factor lain yang mempengaruhi minat beli sepert harga dan kualitas yang menyebabkan merek berpengaruh negatif pada minat beli konsumen.3. Hanya terbatas pada Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar